Hadist Rasulullah SAW tentang Pentingnya Ilmu

intinebelajar | Hadist Rasulullah SAW tentang Pentingnya Ilmu
INTINEBELAJAR | Hadist Rasulullah SAW tentang Pentingnya Ilmu

Rasulullah SAW. Bersabda:

عَنْ أَنَس بْنِ مَالِك قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيْرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ (رواه ابن ماجة)

Terjemah Lengkap

Dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, ”mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara atau emas. (HR.Ibnu Majah)

Penjelasan Ayat

Hadis tersebut di atas adalah salah satu dari sekian banyak hadis yang berbicara tentang menuntut ilmu.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Mencari ilmu wajib bagi setiap muslim. potongan hadis ini sudah sangat populer di kalangan umat Islam. Banyak yang meriwayatkan hadis ini dengan sedikit perbedaan pada matan hadis dan tingkatan hadisnya.

Ada yang meriwayatkan dengan ditambah kalimat wal muslimat. Namun semua tetap sependapat bahwa hadis ini sebagai dasar kuat bahwa mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim

وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيْرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ  (رواه ابن ماجة)

Memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara dan emas. Meletakkan ilmu maksudnya menimba ilmu, kepada orang yang bukan ahlinya adalah perbuatan sia-sia.

Menimba ilmu kepada orang yang tidak punya kemampuan di bidangnya adalah perbuatan sia-sia. Sebagai contoh, ketika kita ingin mempelajari cara-cara merangkai listrik, maka lebih tepat kita menanyakannya pada guru bidang studi fisika.

Begitu juga ketika kita ingin mengetahui lebih dalam tentang cara bermain musik, lebih tepat jika kita berguru pada orang yang ahli di bidang itu. ketika kita ingin menulis sebuah artikel, buku, atau karya tulis ilmiah, maka alangkah baiknya kita berguru dan berkonsultasi pada orang yang mempunyai kemampuan di bidang bahasa Indonesia.

Hadis tersebut mengibaratkan seseorang yang menimba ilmu kepada yang bukan ahlinya seperti orang yang bertaqlid (mengikuti tampa apa adanya, tanpa kritik). babi yang diberi pakaian permata, mutiara dan emas.

Kita semua tahu, bahwa babi adalah binatang yang kotor dan hukumnya najis. Meski ia berkalungkan permata, mutiara ataupun emas, ia tetap saja binatang yang kotor dan menjijikkan serta hukumnya dan najis, tidak berubah menjadi suci.

Subhaanallah, betapa Islam sangat peduli dengan ilmu pengetahuan. Betapa banyak ayat-ayat yang membahas pentingnya ilmu pengetahuan. dan bukan hanya Al-Qur’an. Rasulullah SAW banyak member motivasi kepada  umat Islam agar senantiasa mencari ilmu. Diantaranya;.

عنْ انَس بنْ مَلك قال: قال رسُولُ الله صلَّى الله عليْه وسلَّم .منْ خرَج في طَلبِ العلْمِ كانَ في سَبيْل الله حَتَّى يرْجعَ. رواه الترميذى

"Dari Anas bin Malik, ia berkata,’ Rasulullah SAW. Bersabda, Orang yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingg ia kembali (ke rumahnya)" (HR. At Tirmidzi)

يَا أَبَا ذَرِّ لأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ آيَةً مِنْ كِتَابِ اللهِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّيَ مِائَةَ رَكْعَةً (رواه ابن ماجة)

"Wahai Abu Dzar, keluarmu dari rumah di pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah itu lebih baik daripada engkau mengerjakan sholat seratus rakaat" (HR. Ibnu Majah)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي  فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ الله بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةَ وَإِنَّ الْمَلاَ ئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ الْعِلْمِ (رواه الترميذى)

"Barang siapa menempuh jalan mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat menaungkan sayap-sayapnya kepada orang yang menuntut ilmu karena senang (terhadap apa yang diperbuat)" (HR. Tirmidzi dari Abi Dardak)

عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : أَنَّ رَسُوْلَ الله ص.م قَالَ : وَ مَنْ تَعَلَّمَ فَعَمِلَ عَلَّمَهُ الله مَالَمْ يَعْلَمْ (رواه ابو شيخ)

Dari Ibnu Abas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa belajar ilmu dan mengamalkannya, Allah akan mengajarkan apa yang belum diketahuinya.” (HR. Abu Syaih)

Demikian beberapa hadis Rasulullah SAW, yang  berisi motivasi kepada setiap pencari ilmu.
INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hadist Rasulullah SAW tentang Pentingnya Ilmu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus