4 Sifat Wajib Bagi Rasul Allah Swt dan Pengertiannya

4 Sifat Wajib Bagi Rasul Allah Swt dan Pengertiannya - Allah mengangkat orang-orang yang terpilih untuk menjadi rosul di muka bumi ini.Tugas yang di emban oleh para rosul amatlah berat. Untuk suksesnya tugas yang di percayakan Allah, para rosul didukung oleh sifat-sifat yang sangat istimewa yang di antaranya tidak sama dengan sifat-sifat manusia biasa. Sifat-sifat tersebut terdiri dari tiga macam, yaitu: sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat mustahil.

Sifat Wajib Rosul Allah

Pengertian sifat wajib Rosul Allah adalah sifat yang harus ada pada diri rosul-rosul Allah
Ada empat macan sifat wajib bagi rosul-rosul Allah antara lain :

NO
KATA
MAKNA
1
Shiddiq
Jujur
2
Amanah
Dipercaya
3
Tabligh
Menyampaikan
4
Fathonah
Cerdas

1. Shiddiq (Jujur)

Setiap rasul pasti jujur dalam ucapan dan perbuatannya.Apa apa yang telah disampaikan kepada manusia baik berupa wahyu atau kabar harus sesuai dengan apa yang telah diterima dari Allah tidak boleh dilebihkan atau dikurangkan.

Dalam arti lain apa yang disampaikan kepada manusia pasti benar adanya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran :

وَمَآ آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُواْ
Artinya: "Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah,” (QS. al-Hasyr, 7)

2. Amanah (Dipercaya)

Amanah berarti bisa dipercaya baik dhahir atau bathin. Sedangkan yang dimaksud di sini bahwa setiap rasul adalah dapat dipercaya dalam setiap ucapan dan perbuatannya. 

Didalam surat asy-Syuara’

إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ
Artinya: "Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu,” (QS. asy-syuara’ 143)

3. Tabligh (Menyampaikan)

Sudah menjadi kewajiban para rasul untuk menyampaikan kepada manusia apa yang diterima dari Allah berupa wahyu yang menyangkut didalamnya hukum hukum agama.

الَّذِينَ يُبَلِّغُونَ رِسَالاَتِ اللَّهِ وَيَخْشَوْنَهُ وَلاَ يَخْشَوْنَ أَحَداً إِلاَّ اللَّهَ وَكَفَى بِاللَّهِ حَسِيباً
Artinya: Allah berfirman, “(yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah.Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat Perhitungan.” (QS. al-Ahzab, 39).

4. Fathonah (Cerdas)

Dalam menyampaikan risalah Allah, tentu dibutuhkan kemampuan, diplomasi, dan strategi khusus agar wahyu yang tersimpan didalamnya hukum hukum Allah dan risalah yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh manusia. 

وَتِلْكَ حُجَّتُنَآ آتَيْنَاهَآ إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ
Artinya: Allah berfirman: “Dan itulah hujah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya.” (QS. al-An’am, 83)

INTINE BELAJAR - Jika ada penulisan surat Al-Qur'an yang salah atau ada kesalahan makna dan kesalahan lainnya, harap untuk segera lapor ke admin untuk tujuan perbaikan melalui email: intinebelajar@gmail.com !!! Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Sifat Wajib Bagi Rasul Allah Swt dan Pengertiannya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai apa yang telah anda baca dengan syarat.
1. Berkomentarlah dengan Relevan
2. Don't Spam
3. No Porn
4. No Sara
5. Jika MELANGGAR komentar akan dihapus